Responsive Ads Here

Atasi Laptop Komputer Lemot Atau Lama Saat Dinyalakan

Atasi Komputer Lemot
Metropalembang - Atasi Laptop Komputer Lemot Atau Lama Saat Dinyalakan | Apakah Anda pernah mengalami proses yang lama ketika komputer sedang melakukan startup? Startup adalah proses menghidupkan komputer, dimulai saat menekan tombol power sampai desktop komputer tampil. 

Secara normal, proses startup memakan waktu antara 1 sampai 5 menit. Akan tetapi, beberapa komputer memerlukan waktu yang lebih lama lagi untuk melakukan startup. 

Bila anda sedang mengalami masalah diatas tidak perlu khawatir karena admin akan share beberapa tips untuk mempercepat proses startup pada komputer. Yuk kita simak ulasannya berikut ini.

Atasi Laptop Komputer Lemot Atau Lama Saat Dinyalakan

Pada dasarnya, pemicu utama dari masalah ini yakni banyaknya program yang harus dijalankan saat proses startup sehingga menjadikannya lebih lama. Disamping itu, ada beberapa pemicu lain seperti gangguan pada komponen internal, OS yang error atau corrupt, ada software yang sangat berat serta pemakaian aplikasi yang kurang penting. Untuk mengatasi masalah tersebut lakukanlah langkah berikut ini:

Hapuslah program dan file tidak penting pada startup anda

Menghapus program dan file bertujuan untuk menghemat kapasitas memory laptop agar bisa membantu mempercepat startup di PC anda. Caranya yaitu, masuklah ke menu RUN komputer, pilih tab startup saat muncul jendela msconfig. Setelah itu hilangkan centang di aplikasi dan software yang menurut anda tidak penting. Kemudian, silahkan restart komputer dan rasakan perbedaannya.

Sesuaikanlah performa komputer dengan spesifikasi hardware

Pada umumnya sebagian orang sering menerapkan performa komputer yang tak seimbang dengan keadaan hardware di komputer. Hal inilah yang memicu proses startup komputer berlangsung lama. 

Maka dari itu, langkah yang harus Anda lakukan yaitu menyesuaikan performa PC sesuai dengan spesifikasi hardware yang dipunya, dengan cara pastikan seluruh performa dan sistem ada di level recommendation. Karena pada dasarnya Windows telah menyetel semua performa seimbang dengan kemampuan hardware nya.

Lakukanlah pembersihan pada laptop atau komputer anda

Selain faktor dari dalam, faktor luar juga dapat menjadi penyebab komputer menjadi lemot saat proses startup. Maka dari itu, anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan hardware komputer secara rutin guna menjaga performa laptop, dengan demikian proses startup dapat bekerja secara maksimal.

Pakailah 1 antivirus saja

Banyak antivirus yang berjalan di komputer dapat memberatkan kinerja ram, ketika komputer mulai dihidupkan maka antivirus juga akan ikut running. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan proses komputer ketika dinyalakan menjadi cukup lama. 

Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan 1 antivirus saja dan aturlah antivirus tersebut supaya disable ketika komputer akan dihidupkan. Bila perlu cukup gunakan antivirus bawaan Windows Defender aja gan, ane biasa pake itu aman-aman aja kok.

Mengecek Kapasitas Hard disk

Yang terakhir yaitu mengecek kapasitas hard disk, jika sudah penuh ada baiknya tambahlah kapasitasnya. Hal ini karena hard disk yang telah penuh bisa menyebabkan komputer kerap mengalami hang sehingga akan lama saat proses startup. Disamping itu, hard disk yang telah penuh juga dapat menghambat indexing kinerja laptop.

Itulah tadi penjelasan singkat beberapa Tips Mempercepat Proses Startup Komputer yang mesti kita ketahui. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian, dan jangan lupa bila teman-teman ada tips terbaru lainnya silahkan share lewat kolom komentar di bawah ya.

Tidak ada komentar: