Responsive Ads Here

Cara Atasi Hp Android Yang Lemot dan Lama Loading Aplikasi

Metropalembang - Tips Cara Mengatasi Android Lemot | Untuk kenyamanan dalam menggunakan Android, berikut admin akan mengulas secara rinci cara mengatasi Android lemot. Disamping banyak menarik minat para vendor dalam mengembangkan smartphone, platform Android merupakan salah satu smartphone yang sangat cepat berkembang.

Hal ini terbukti saat iPhone masih memakai RAM 1GB, Android telah menanamkan RAM 4 GB. Bahkan saat ini sudah mulai muncul smartphone Android yang menggunakan RAM 8 GB, hal ini bertujuan agar smartphone Android tidak lemot.

Terlepas dari berapa besar RAM yang diusung pada smartphone anda, dalam beberapa kasus pasti akan merasakan lemot. Android lemot ini dapat dipicu oleh beberapa hal, tidak hanya kondisi besaran RAM saja. Nah, supaya semakin nyaman dalam mengoperasikan Android kesayangan anda, berikut kami akan menjelaskan beberapa cara mengatasi Android lemot. Selengkapnya mari kita simak ulasannya dibawah ini.


Tips Cara Mengatasi Android Lemot

Setiap smartphone pastinya mengusung spesifikasi memori yang berbeda-beda. Disamping RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa smartphone. Ketika memori internal yang ada tinggal sedikit, maka Android akan jadi lemot. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut ada baiknya anda menghindari menyimpan banyak data sampai memenuhi memori internal.

Bila anda kerap menyimpan banyak data di smartphone, siasati untuk memilih smartphone yang didukung oleh kartu memori. Atau belilah smartphone yang mempunyai kapasitas memori internal yang besar.

Bersihkan Cache Data

Cache merupakan ruang penyimpanan data sementara dari aplikasi yang dalam atau pernah anda pakai. Dengan adanya cache di Android, anda akan cepat menggunakan aplikasi yang sebelumnya pernah dipakai. Tetapi, dibalik fungsinya tersebut, cache yang didiamkan menumpuk akan menjadikan Android lambat alias lemot.

Cara mengatasi android yang lemot akibat cache yang banyak ini yaitu dengan selalu membersihkannya dari tiap aplikasi yang kerap dipakai. Caranya, masuk ke menu pengaturan - Apps - All kemudian carilah aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya, lalu pilihlah bersihkan Cache. Atau, anda juga dapat sekaligus membersihkan cache di Android lewat menu Settings - Storage - Cached Data, dan pilih OK ketika muncul pop up.

Gunakan Aplikasi Serbaguna

Alih-alih menginstal aplikasi yang banyak malah menjadikan memori internal semakin penuh, mendingan install satu aplikasi saja namun mempunyai banyak fungsi. Bila Android anda telah di-root, salah satu aplikasi serbaguna yang admin sukai yaitu Apps2SD.

Karena di dalam satu aplikasi anda dapat memperoleh manfaat yang banyak, seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lain sebagainya. Akan tetapi bagaimana jika belum di-root, anda dapat memperoleh fungsi serupa pada Clean Master.

Gunakan 1 Aplikasi Antivirus 1 Saja

Bila anda adalah pemakai yang percaya akan fungsi antivirus di smartphone Android, ada baiknya perhatikanlah hal berikut ini. Mirip dengan aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus selalu berjalan di background. Hal ini dapat mengakibatkan RAM menjadi boros, dan performa Android jadi lambat. Dapat dibayangkan bila anda menginstal lebih dari satu antivirus.

Oleh karena itu, cara mengatasi Android lemot, install-lah satu aplikasi antivirus saja. Namun, apakah penting memasang antivirus di Android? Admin sendiri sih tidak melakukannya.

Auto Kill

Apakah anda kerap melakukan kegiatan multi-tasking di Android? Pastinya kerap menjumpai banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps. Akibat banyak aplikasi yang aktif di Recent Apps maka RAM akan menjadi sempit, dan Android jadi lambat alias lemot. Guna mengatasi hal tersebut pakailah fitur Auto Kill. Fitur ini akan membantu aplikasi tidak dapat berjalan di background, sehingga Android akan menjadi lancar.

Gunakan Aplikasi Berbayar

Memakai aplikasi free memang enak, karena anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk menginstal fitur keren yang terdapat di aplikasi tertentu. Akan tetapi, tahukah anda bila kerap menginstal aplikasi gratis maka sama saja dengan kelinci percobaan. Karena dengan mengshare aplikasi gratisan inilah developer akan memperoleh banyak review mengenai bugs apa saja yang ada di aplikasinya.

Disamping menjadi kelinci percobaan, pemakaian aplikasi gratis juga dapat menjadikan Android lemot karena banyak iklan yang disisipkan di dalamnya. Oleh karena itu, supaya Android anda tidak lemot dan tidak terganggu iklan yang bisa menghabiskan kuota internet, pakailah aplikasi berbayar! 

Selalu Update Software

Setiap ada notifikasi update aplikasi, segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh sistem sebelumnya. Karena dapat dipastikan update tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih bagus dari sebelumnya.

Walaupun terkadang sering ditemukan setelah update justru makin buruk, tetapi pihak pengembang pasti tak akan diam saja bila memang ditemukan masalah pada sistemnya. Luangkanlah waktu untuk mengecek di menu Settings - About - System Update lalu pilih Check for Updates. Ketika ada notifikasi update aplikasi di Google Play Store, segeralah melakukan update. 

Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu penyebab Android nampak menarik yaitu Widget. Tidak hanya mempercantik tampilan home screen Android saja, Widget juga berfungsi sebagai jalan pintas untuk melihat banyak aplikasi tanpa harus membukanya satu persatu.

Meskipun widget membuat Android nampak menarik dan akses ke berbagai aplikasi dengan cepat, tetapi hal ini juga dapat menyita konsumsi RAM yang makin besar. Akibatnya, Android anda akan jadi lemot. Oleh karena itu, kurangilah pemakaian Widget untuk mengatasi Android lemot.

Hapus atau Hentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Memang ada banyak sekali aplikasi baru di Google Play store yang sangat menarik untuk dicoba. Namun, aplikasi tersebut terkadang mempunyai fungsi yang sama dengan aplikasi yang anda install sebelumnya. Akibatnya, memori di Android anda menjadi termakan oleh aplikasi yang sebenarnya tak bermanfaat. Oleh karena itu, untuk menjaga supaya Android anda tetap lancar, hapuslah berbagai aplikasi yang tak digunakan atau mempunyai fungsi yang sama tersebut.

Terkadang, memang beberapa aplikasi tak bisa dihapus karena bawaan sistem. Dan fakta menyebalkan bila aplikasi bawaan tersebut terus berjalan walau tak diperlukan, sehingga konsumsi RAM semakin boros. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat membuat aplikasi tersebut Disable, dengan cara masuk ke pengaturan - Apps, lalu pada tab Running pilih aplikasi yang tak dibutuhkan, dan pilih Disable.

Kurangi atau Matikan Animasi di Android Kamu

Animasi merupakan salah satu parasit RAM di perangkat Android. Nah, cara mengatasi Android lemot berikutnya yaitu dengan masuk ke menu Setting - Developer Options. Untuk menonaktifkan atau mengurangi animasi di Android anda dapat masuk ke menu Settings - Developer Options, lalu ubah nilai Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale ke angka paling kecil, atau dijadikan off sekalian. Cara ini juga yang admin lakukan untuk menantang anda yang mempunyai Android dengan RAM 4 GB.

Demikianlah beberapa Tips Cara Mengatasi Android Lemot yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

Tidak ada komentar: